} Bakul Manajemen Data Bakul Manajemen Data: Transformasi Data
Loading
gravatar

Transformasi Data

Transformasi data, berasal dari transform, merubah bentuk 'data'. Merubah bentuk data dari bentuk asli ke bentuk lai lain tanpa meruba datanya. Misalnya dari data numerik dirubah ke dalam bentuk katagorik, atau dari data katagorik ke kategorik lainnya atau menyederhanakan kategori. Bentuk laiinya ada melakukan perhitungan dari beberapa field membentuk data baru.
Ada 7 perintah yg dapat dilakukan dalam trasformasi data, namun yang sangat sering digunakan ada 2 yaitu compute dan recode, seperti yang sudah diberi contoh di atas.
Compute atau menghitung digunakan untuk menciptakan field baru dengan melakukan operasi matemaris terhadap field yang sudah ada. Misalnya data yang sudah ada adalah tinggi badan dan berat badan. Ingin dihitung Indeks Massa Tubuh (IMT). IMT dihitung dari berat badan dibagi dengan kuadrat tinggi badan, dimana tinggi badan dalam satuan meter.
Perintah compute ditemukan pada menu Transform-Compute. Setelah pemilihan menu ini akan muncul jendela perhitungan (compute). Isikan nama variabel yang akan dibuat berserta labelnya yang akan menampung hasil perhitungan. Kemudian masukkan variabel yang akan dihitung beserta rumusnya. Untuk perhitungan IMT, rumusnya harus dijadikan 1 baris lebih dahulu. Misalkan fiel berat badan adalah bb dan tinggi badang dalam sentimeter adalah tb, maka rumus 1 barisnya adalah = bb/((tb/100)*(tb/100)).

Langkah-langkah pemasukan kalkulasi ke jendela compute adalah pertama cari field bb, kemudian kirim ke dalam kotak formula. Setelah itu klik tanda slash (utk bagi). Kedua klik tanda kurung (buka/tutup) 2 kali sehingga berbentuk (()). Ketiga pindahkan kursor ke tengah, kemudian cari field tb pada daftar fiel dan kirim ke dalam sehingga berbentuk ((tb)). Klik tanda slash diikuti angka 100, sehingga berbentuk ((tb/100)). Keempat pindahkan kursor ke belakang kurung tutup pertama, klik tanda bintang utk perkalian. kemudian klik kurung buka sekali, masukkan kembali field tb diikuti slash dan angka 100. Sehingga hasil akhir rumus adalah ((tb/100)*(tb/100)). Setelah sampai disini klik continue dan akhiri dengan OK. IMT akan dihitung dan menepmatkan 1 field bari (imt) di akhir daftar field. Silahkan dicek...!. Jika terdapat kekeliaruan dalam menganbil operasi matematis, maka akan muncul error messege. Jika anda terbiasa dengan syntaks, sebelum mengklik OK klik paste lebih dahulu. Jika ini yang Anda lakukan, maka akan bertambah 1 blog perintah di dalam file Anda, namun jika tidak ada file syntax yang sedag terbuka makan akan dibukakan sebuah file syntak yang masih untitled. Di dalam syntax bisa ditambahkan value labels untuk data kategorik (akan dibahas setelah ini).
Untu perhitungan lain menyesuaikan dengan kebutuhan. Semua operasi matematis da statistik bisa digunakan dalam compute. Daftar fungsi matematis dan algoritmis dapat dipilih di sebelah kanan bawah jendela fungsi. Untuk fungsi dasar dan tombol numerik telah disediakan dalam bentuk kalkulator mini. Fungi bisa diketik atau dipilih, namun disarankan dipilih dengan klik.
Lanjutan RECODE

Masukkan Email Anda di Sini:

Delivered by top1hit4m

Bidan 1b 2013

BAKULDATA
Agusriani IP
WP
Atikah Mardatillah M.
Dara Tiarani
Desi Atriani
Dewi Safitri
Dina Oktavia
Elkartika Zelita
Elyza rahmana Putri
Fadhila Umaira
Febrisia Ramona 
FENI WIDIASARI
Fitra Nur Aziza
Fuji Flamya
WP
HELLA ANAKETI M
Kasrawita Krishna M O
Leolin
Melsa Handasari
WP
MERRY MILIANDINI
MUTIA FEBRIANA
NINI FAZILA
NURFADHILAH
Ovi Riani
Putri Amelia
Putri Marta Liza
RAHMI OKTRIWIDYA
RATIH KARTIKA M
RIRI SUSANTI
ROSA EFNITA
SHILVIA SUCI R.
SYAMSU RAHMAH
UCI TRISNA
WITMA APTRIYANA
YONANDA ALMADYA