} Bakul Manajemen Data Bakul Manajemen Data: Penggabungan Data (Merge)
Loading
gravatar

Penggabungan Data (Merge)

Merge atau penggabungan daata diperlukan apabila proses entri data dengan template yang sama dilakukan di lebih dari 1 komputer. Proses penggabungan dengan template yang sama disebut Append (penambahan record). Penggabungan cara kedua adalah dengan penambahan field atau variabel dengan jumlah record (sampel) yang sama. Cara kedua  ini dilakukan apabila jumlah field terlalu panjang, sehingga kuesioner melebihi 500 baris. Dalama Epidata memiliki keterbatasan bahwa panjang maksimal kuesioner adalah 500 baris. Untuk penggabungan kedua ini disebut dengan Merge. Penggabungan jenis kedua biasanya hanya dilakukan untuk penelitian dengan sub sampel, karena kuesioner utama jarang yang mencapai field sampai 500.

Penggeabungan dengan Append sangat sering dilakukan oleh karena entri data dilakukan dengan lebih dari 1 komputer, agar lebih cepat. Pelaksanaan penggabungan data hanya bisa dilakukan apabila template sama persis.  Merge dilakukan dengan menu (bukan tombol) yaitu pada menu Data In/Out, seperti berikut :
Setelah sub menu Append/Merge dipilih akan keluar jendela pemilihan dile yang akan digabung seperti gambar berikut :
Pilih file pertama dan kedua yang akan digabung. Pemilihan dilakukan dengan mengklik icon folder di sebelah kanan masing tempat file. Setelah dipilih, maka namafile berserta lokasi akan dimasukkan ke field pemilihan. Setelah kedua file dipilik, klik OK, maka akan muncul tempilah untuk memasukkan nama file gabungan.
Pada tampilan di atas ditayangkan file yang sudah dipilih beserta jumlah field dan jumlah recordnya dan jendela untuk memasukkan namafile hasil gabungan. Terdapat pilihan Append atau Merge di bagian bawah. Apabila akan memilih merge, langsung klik pada tombol Append, oleh karena secara default pilihan berada pada Append. Akan muncul kemudian jendela untuk menuliskan deskripsi file hasil penggabungan. Field ini bisa dikosongkan saja dengan mengklik OK :
Setelah di klik OK akan muncul indikator merging. Tunggu indikator tersebut sampai penuh dan kemudian akan muncul tampilan yang menginformasikan telah dilakukan penggabungan 2 file dengan hasil sejumlah record yang digabungan. Apabila data yang digabung ukurannya kecil, indikator pengggabungan ((merging) tidak sempat kelihatan.
Peroses penggabungan selesai. Untuk mengecek isi file bisa dilakukan dengan enter data untuk membuktikan jumlah record hasil penggabungan.

Masukkan Email Anda di Sini:

Delivered by top1hit4m

Bidan 1b 2013

BAKULDATA
Agusriani IP
WP
Atikah Mardatillah M.
Dara Tiarani
Desi Atriani
Dewi Safitri
Dina Oktavia
Elkartika Zelita
Elyza rahmana Putri
Fadhila Umaira
Febrisia Ramona 
FENI WIDIASARI
Fitra Nur Aziza
Fuji Flamya
WP
HELLA ANAKETI M
Kasrawita Krishna M O
Leolin
Melsa Handasari
WP
MERRY MILIANDINI
MUTIA FEBRIANA
NINI FAZILA
NURFADHILAH
Ovi Riani
Putri Amelia
Putri Marta Liza
RAHMI OKTRIWIDYA
RATIH KARTIKA M
RIRI SUSANTI
ROSA EFNITA
SHILVIA SUCI R.
SYAMSU RAHMAH
UCI TRISNA
WITMA APTRIYANA
YONANDA ALMADYA