} Bakul Manajemen Data Bakul Manajemen Data: Menghitung Umur dengan Check Epidata
Loading
gravatar

Menghitung Umur dengan Check Epidata

Judul ini bukan berarti 'menunggu kematian', hahaha. TAPI mengkalkulasi umur dalam mengentri database menggunakan Epidata. Umur adalah satuan waktu semenjak seseorang lahir sampai saat ini. Umur bisa diukur dalam satuan waktu tertentu seperti tahun, bulan atau minggu. Dalam sebuah penelitian, sangatdianjurkan umur dihitung dari selisih tanggal pengukuran dengan tanggal lahir, kemudian dibagi dengan 365,25 untuk menghitung dalam satuan tahun dan dibagi dengan 30,14 apabila ingin menghitung umur dalam satuan bulan.  Dalam Epidata, umur bisa dihitung secara otomatis dengan membuat perintah di dalam check.
Proses pembuatan perhitungan dalam check menggunakan editor yang disediakan oleh Epidata. Minimal 2 field yang dibutuhkan untuk perhitungan yaitu tlahir (untuk pertanyaan tanggal lahir) dan umur (untuk menampung hasil kalkukasi. Dapat juga dengan membuatkan sebuah field tanggal hari ini, akan tetapi jika field ini tidak dibuat, gunakan today sebagai tanggal hari ini. Sangat dianjurkan menggunakan field hariini ketimbang menggunakan todaya (otomatis mengambil dari tanggal system komputer. Perbedaan keduanya terjadi apabila perhitungan dilakukan ulang pada waktu sesudah pengettrian data. Pada kondisi seperti ini today diambil pada tanggal sistem komputer saat itu. Akan tetapi bila today dibuatkan dalm sebuah fiel, setelah data disimpan akan permanen. Perhitungan dilakukan kapanpun akan tetap mengambil nilai yang sudah disimpan. Pertimbangan kedua untuk membuata field hariini adalah tanggal pengukuran tidak selamanya sama dengan tanggal entri data. Jika menghitung menggunakan field today, maka hasil perhitungan akan selalu berbeda setiap hari.
Contoh lengkap check perhitungan umur dan 'error messege"nya seperti berikut ini (dengan catatan ada dield nama pengentri data (entri) dan nama responden (nama) sebelumnya dan hasil kalkulasi disimpan pada field (umur).


tlahir
 AFTER ENTRY
  LET UMUR=ROUND(INT((HARIINI - TLAHIR)/365.25))
     TYPE "@umur tahun"
     IF UMUR <15 THEN
     TYPE "@nama baru @umur th sudah hamil @entri ?"
        GOTO tlahir
     ELSE
     IF UMUR >45 THEN
        TYPE "Ibu @nama sudah @umur thn masih hamil ?"
        GOTO tlahir
    ENDIF
  ENDIF
  IF tlahir = . THEN
     TYPE "JANGAN KOSONG.......!"
     GOTO tlahir
    ENDIF
    IF tlahir =. THEN
       TYPE "Tgl brp ibu @nama Lahir @entri ?"
       GOTO tlahir
    ENDIF
  END
END
Selamat mencoba...!

Masukkan Email Anda di Sini:

Delivered by top1hit4m

Bidan 1b 2013

BAKULDATA
Agusriani IP
WP
Atikah Mardatillah M.
Dara Tiarani
Desi Atriani
Dewi Safitri
Dina Oktavia
Elkartika Zelita
Elyza rahmana Putri
Fadhila Umaira
Febrisia Ramona 
FENI WIDIASARI
Fitra Nur Aziza
Fuji Flamya
WP
HELLA ANAKETI M
Kasrawita Krishna M O
Leolin
Melsa Handasari
WP
MERRY MILIANDINI
MUTIA FEBRIANA
NINI FAZILA
NURFADHILAH
Ovi Riani
Putri Amelia
Putri Marta Liza
RAHMI OKTRIWIDYA
RATIH KARTIKA M
RIRI SUSANTI
ROSA EFNITA
SHILVIA SUCI R.
SYAMSU RAHMAH
UCI TRISNA
WITMA APTRIYANA
YONANDA ALMADYA