} Bakul Manajemen Data Bakul Manajemen Data: Membuat Check
Loading
gravatar

Membuat Check

Check, yang dalam istilah lain disebut filter adalah sebuah paya menetapkan nilai yang aplicable untuk setiap field. Check sangat berguna untuk mencegah data yang tidak berguna masuk ke dalam database yang pada akhirnya akan menyebabkan data mengandung banyak error. Dalam manajemen data istilah ini disebut dengan GIGO  (Garbage In Garbage out), sampah masuk sampah keluar. Artinya apabila ke dalam database terdapat data yang salah, bukan hanya tidak berguna bahkan dapat mengakibatkan kesimpuan yang akan ditarik dari hasil analisis akan salah.
Tanpa difilter, wlaupun sudah ditetapkan nilai sebuah variabel dengan nilai tertentu, amka data lain tetap bisa masuk ke dalam field yang bersangktan. Misalkan untuk variabel jenis kelamin diberi kode 1 untuk laki dan 2 untuk perempuan.  Dengan kode seperti itu maka data yang seharusnya ada dalam fiel jenis kelamin adalah hanya 1 atau 2 saja. Namun karena human error, faktor keletihan dan sbaganya bisa saja nilai lain masuk ke dalam field saat mengentri data. Jika ada saja misalnya angka 3 masuk ke dalam field jenis kelamin, tentu ini sudah pasti datanya missing, karena dimanapun yang namanya jenis kelamin hanya ada laki-laki dan perempuan.
Hal-hal yang bisa ditetapkan dalam check adalah :
  1. Nilai minimum/maksimun (range)
  2. Nilai-nilai tertentu yang bukan merupakan rentangan (Legal), misalnya golongan darah.
  3. Mustenter, untu sebuah field yang harus diisi. Field yang harus diisi misalnya filed yang erupakan variabel utama penelitian atau field yang merupakan kunci untuk variabel lain. Misalnya field jenis kelamin dalam penilaian status gizi merupakan field kunci untuk mengolah data status gizi. Tanpa field jenis kelamin, maka data berat badan, tinngi badan dan parameter antropometri lainnya tidak akan berguna lagi.
  4. Jump : untuk melakukan lompatan saat mengentri data apabila didahului oleh pertanyaan kodisional.
  5. Repeat : untuk mengutip nilai field yang dientri pada record sebelumnya, sehinga tidak perlu dientri berulang-ulang sebanyak record. Misalnya untuk kode lokasi penelitian.
Disamping hal-hal di atas, ada juga fungsi dari check yang tidak kalah pentingnya adalah untuk perhitungan.Misalnya untk perhitungan umur. Pengentri data cukup memasukkan tanggal lahir, kemudian kmputer dapat mengitung umur dengan menyelisihkan tanggal hari ini dengan tanggal lahir. Perhitungan ini tentu jauh lebih akurat ketimbang melakukan perhitungan secara manual.
Perhitungan umur, dan pnetapan check selain 5 poin di atas harus dlakukan dengan mengetikkan perintah melalui edit sederhana dari jendela cheack.
Penetapan cheack dalat dilakukan melalui jendela seperti terlihat berikut ini :
Cara menggunakan jendela di atas adalah dengan menempatkan kursor pada field yang akan dibuat checknya, maka pada jendela check akan muncul nama fiel yang ditunjukoleh kursor. Kemudian ketikkan nilai-nilai aplicable pada isian form yang sesuai dengan filter yang akan ditetapkan
Range : Pada field yang akan ditetapkan range, klik pada isian form, lalu ketikkan angka range yang dibtuhkan. Misalnya umur 15-45, diketikkan pada endela form Range, Legal, kemudian tekan enter. Untuk menyimpan ketentuan yang sudah dibuat klik icon disket (save). Perlu diingat untuk fiel numeric yang memiliki desimal, lakukan itu dengan titik (.) sebagai pembatas desimal.
Legal : Sama dengan range, hanya nilai-nilai harus dimasukkan satu persatu dengan pembatas koma (,) tanpa spasi antar nilai.
Jumps : Check untuk Jump (lompaatan dilakukan untuk pertanyaan kondisional. Misalnya pada contoh kuesioner pada posting kuesioner, Apakah Ibu pernah memeriksakan kehamila ?. Jawaban yang tersedia ada 0 untuk jawaban tidak dan 1 untuk jawaban iya. ertanyaan ke-2 adalah Jika pernah, berapak laki diperiksa. Jika seorang responden menjawab dengan tidak (0), tentu pertanyaan 2 dan 3 tidak perlu ditanyakan lagi. Maka kusor harus melompat (jmp) ke pertanyaan ke-4 (akseptor). Untuk melaksanakan ini: pada field check pertanyaan 1 (pernah) ketikkan angka 0, kemudian keik tanda lebih besar dan kemudian klik pada fiel tujuan jump, maka nama field akan ditempelkan dibelakang tanda lebih besar. Jika dalam satu pertanyaan memiliki kondisi lebih dari 1, misalnya pada pertanyaan 4 (akseptor) maka antar konndisi dibatasi oleh koma (,) sampai semua kondisi terpenuhi.
Mustenter : Untuk pertanyaan yang wajib diisi (tidak boleh dikosongkan). Caranya letakkan kursor pada fiel yang akan dicheck pada jendela check, lalu ubah  pilihan pada Mustenter dari No (default) menjadi "Yes".
Repeat : Pengulangan. adalah field yang harus diulang pengisiannya dengan mengambil nilai sebelumnya. Dampak pemberian check Repeat akan terlihat pada entri data pada record kedua dan seterusnya. Kegunaan repeat sangat membantu misalnya untuk lokasi penelitian di 2 lokasi. Untuk 1 lokasi tidak perlu mengentri lokasi 1 berulang-ulang sebanyak sampel di lokasi tersebut. Untuk mengganti niai pada lokasi kedua hanya dilakukan sekali saat perpindaan saja. Recor kedua pada lokasi 2 aan otomatis tercantum lokasi 2. Demikian juga untuk nama Pengentri data.
Berikut akan kita bahas bagaimana mendisain check menggunakan teks editor.....continue

Masukkan Email Anda di Sini:

Delivered by top1hit4m

Bidan 1b 2013

BAKULDATA
Agusriani IP
WP
Atikah Mardatillah M.
Dara Tiarani
Desi Atriani
Dewi Safitri
Dina Oktavia
Elkartika Zelita
Elyza rahmana Putri
Fadhila Umaira
Febrisia Ramona 
FENI WIDIASARI
Fitra Nur Aziza
Fuji Flamya
WP
HELLA ANAKETI M
Kasrawita Krishna M O
Leolin
Melsa Handasari
WP
MERRY MILIANDINI
MUTIA FEBRIANA
NINI FAZILA
NURFADHILAH
Ovi Riani
Putri Amelia
Putri Marta Liza
RAHMI OKTRIWIDYA
RATIH KARTIKA M
RIRI SUSANTI
ROSA EFNITA
SHILVIA SUCI R.
SYAMSU RAHMAH
UCI TRISNA
WITMA APTRIYANA
YONANDA ALMADYA