} Bakul Manajemen Data Bakul Manajemen Data: Panduan Prakis Membuat Blog
Loading
gravatar

Panduan Prakis Membuat Blog

Blog adalah miniatur website yang bisa dimiliki setiap orang secara gratis di internet. Blog dapa tbermanfaat untuk menuangkan karya hasil pemikiran dalam bentuk tulisan. Blog juga dapat berfungsi sebagai wadah promosi dan publikasi lainnya. Disamping itu blog berperan sebagai media hiburan.
Dewasa ini menjamur situs jejaring sosial dimana pengelolaannya sangat mudah oleh pengguna. Namun hal tersebut tidak dapat menggaqntika peran blog. Diantar akeunggulan blog adalah bersifat permanen sepanjang belum dilakukan pengeditan. Kapan saja dan dimana saja dapat diakses oleh Pemilik dan pengunjung. Posting yang dilakukan di blog dapat dipublikasi di situs jejaring sosial kapan saja diinginkan.
Perkembangan blog sdaat ini sudah sangat maju sehingga sudah bisa menyamai website profesional. Pemilik nlog dapat melakukan pengefitan konten tanpa harus memiliki keterampilan webmaster yang  memadai. Fitur-fitur yang disediakan sudah sangat bervariasi, dimana pengguna tinggal pilih sesuai keinginan. Penemuan konten kecil sesuai kebutuhan seperti gadjet sangan  membantu perjembangan blog. Para pembuat gadget juga berlomba-lomba mempublikasi karyanya sehingga banyak digunakan orang. Sangat banyak sekali situs yang menyediakan blog secara gratis.  Dua prvider yang sangat terjebak adalah Blogger (milik Google) dan Wordpress.
Berikut ini akan disediakan tutorial sederhana dan ringkas dalam membyat blog untuk pertama kali. Sebagai bahan refferensi Panduan membuat blog dapat didownload disini.
Syarat mutlak seseorang bisa membuat blog harus memiliki sebuah email uang masih aktif. Email yang masih aktif  artinya masih dapat dipergunakan untuk mengirim dan menerima pesan. Langkah kedua adalah mencari situs penyedia layanan, yang  kemudia pengguna harus mendaftar pada situs tersebut. Contoh di bawah imenggunakan www.blogger.com sebagai tempat  membuat blog. Bagi pengguna Wordpress, panduan ini juga bisa dipakai dengan sedikit modifikasi.
Langkah pertama :

Membuat sebuah email. Jika sudah memiliki sebuah email, langkah ini bisa dilewati, kecuali menginginkan email khusus hanya untk blog.. Server email, sama halnya dengan blog sangat nayak. Dia terbesar saat ini adalah yahoo dan Google (gmail)
Langkah Kedua :
Membuat Akun Blog. Pendaftaran menggunakan email. Apabila Anda sudah memiliki akun Blog, maka dapat sibuat lebih dari 1 blog menggunakan akun yang sama.. Pendaftaran Akun dengan mengisi dormulir yang disediakan kemudian mengirimkan ke server. Dakam  waj\ktu yang cepat permintaan akan direspon oleh server secara otomatis. Satu hal yang perlu diingat untuk memudahkan membuat akun adalah pemilihan nama pengguna. Nama pengguna (seperti juiga email) harys unik, artinya tidak boleh sama dengan nama yang sudah ada sebelymnya di dalam server yang sama. Kiat yng mudah untuk ini adalah memilih kata yang unik pula. Jangan gunakan kata-kata umum, karena itu akan memperlambat proses pendaftaran. Nama Pengguna (username) ini satu-satunya item yang tidak dapat dirubah dikemudian hari. Selain dari itu semuanya dapat dirubah, Apabila Akun blogger Anda sudah diterima  oleh server, Anda bebas membuat blog, mengisi, mengedit, mengatur komponen dan menghapus blog yang Anda kelola.
Langkah Ketiga
Mengelola Blog. Mengelola Blog merupaskan bagian terpenting dari blog itu sendiri. Dua hal yang penting diperhatikan dalam mengelola blog adalah konten dan performance. Konten berkaitan dengan kualitas bacaan dan [erformance berkaitan dengan tata letak, warna dan kemuudahan akses. Hasil ukur dari keduanya nanti ada jumlah pengunjung (visitor). Blog yang memuat hal yang bermanfaat dan upto date akan lebih sering dikunjungi dibading yang statis.
Disamping konten serius, blog juga dapat disertakan iklan di dalamnya. Pengelola bisnis dunia maya saat ini menjadikan blog sebagai salah satu media promosi yang sangat efektif. Pemasang iklan akan membayar pemilik blog berdasarkan kumlah klik yang dilakukan oleh pengunjung blog tersebut. Salah satu contoh yag sangat pepuler yang melakukan itu adalah Google Adsense.

Masukkan Email Anda di Sini:

Delivered by top1hit4m

Bidan 1b 2013

BAKULDATA
Agusriani IP
WP
Atikah Mardatillah M.
Dara Tiarani
Desi Atriani
Dewi Safitri
Dina Oktavia
Elkartika Zelita
Elyza rahmana Putri
Fadhila Umaira
Febrisia Ramona 
FENI WIDIASARI
Fitra Nur Aziza
Fuji Flamya
WP
HELLA ANAKETI M
Kasrawita Krishna M O
Leolin
Melsa Handasari
WP
MERRY MILIANDINI
MUTIA FEBRIANA
NINI FAZILA
NURFADHILAH
Ovi Riani
Putri Amelia
Putri Marta Liza
RAHMI OKTRIWIDYA
RATIH KARTIKA M
RIRI SUSANTI
ROSA EFNITA
SHILVIA SUCI R.
SYAMSU RAHMAH
UCI TRISNA
WITMA APTRIYANA
YONANDA ALMADYA