} Bakul Manajemen Data Bakul Manajemen Data: Nutrisurvey, Software Pengolah data Konsumsi Makanan
Loading
gravatar

Nutrisurvey, Software Pengolah data Konsumsi Makanan

Tidak banyak sotware komputer yang berfungsi untuk mengolah data konsumsi makanan. Sebuah software yang dulu banyak dipakai (Under DOS) adalah FP2. Oleh karena dibuat dengan Turbo Pascal, sehingga utk dipakai pada komputer sekelas Pentium IV ke atas harus melakukan penyesuaian pada library, sehingga tidak banyak pengguna yang mampu melakukan itu. Untung kemudian muncul sebuah software yang public domain (for non commercial use only) yang dibuat oleh Jurgen Erhadt, seorang staf Unicef yang sedang mengikuti pendidikan di SEAMEO-TROPMED, Jakarta dan dan Reiner Gross. Hasil karyanya disajikan di situs www.nutrisurvey.de.

Software ini cukup powerfull untuk menganalisis zat gizi dari makanan, baik untuk penyusunan menu maupun untuk menganalisis konsumsi makanan dari sebuah survei konsumsi. Tampilannya 'user friendly' dan sangat mudah dioperasionalkan. Saya memlalui sebuah izin tertulis dari beliau sudah melakukan translate ke Bahasa Indonesia. Hasil trasnlasi bisa didapatkan di situs di atas, dengan membuka menu Food Database, atau jika Anda ingin mendownload langsung bisa dikilik disini. Atau bisa juga dengan klik disini untuk file yang saya simpan di tempat lain. Kompilasi saya masih menggunakan Nutrisurvey versi 2005, sedangkan jika Anda menginginkan versi terakhir 2007 bisa didownload disini.
Jika Anda menggunakan yang versi Indonesia, setelah mendownload, tinggal mengekstrak filenya saja ke dalam sebuah forlder dan langsung bisa dipakai. Namun jika mendownload yang versi terkahir, harus diinstall lebih dahulu. Kemudian mengganti fodd database dengan DKBM Indonesia (download terpisah).
Pada tampilan awal (setelah welcome page), Anda bisa langsung mengetikkan nama bahan makanan, suku kata atau nama lengkap danmengisikan kuantitasnya. Langsung di sebelah kanan akan muncul kandungan zat gizi dari makanan yang dientrikan. Demikian seterusnya sampai Anda mendapatkan sejumlah tertentu zat gizi yang dinginkan. Tayangan total zat gizi berada di sebelah kanan layar. Tampilan zat gizi bisa disetting sesuai kebutuhan.
Anda bisa menyusun menu untuk kelompok umur tertentu dengan milih Daftar yang sudah dibuat berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2004. Namun jika ingin menghitung kebutuhan secara indivisual, maka pilih pada item terakhir (kebutuhan Individual). Perhitungan kebutuhan energi bisa dilakukan dengan simpel atau sangat rinci, semuanya ada pilihan dalam perhitungan kebutuhan energi.
Pada menu yang disusun bisa diselipkan waktu makan, dan tampilan zat gizi bisa disajikan dalam 4 bentuk, dan pilihannya ada di sudut kanan atas layar.
Tampilan Install Nutrisurvey :
Setelah selesai Instalasi,  tampilan entry data (workspace) Nutrisurvey sbb :
SELAMAT MENCOBA...!

Masukkan Email Anda di Sini:

Delivered by top1hit4m

Bidan 1b 2013

BAKULDATA
Agusriani IP
WP
Atikah Mardatillah M.
Dara Tiarani
Desi Atriani
Dewi Safitri
Dina Oktavia
Elkartika Zelita
Elyza rahmana Putri
Fadhila Umaira
Febrisia Ramona 
FENI WIDIASARI
Fitra Nur Aziza
Fuji Flamya
WP
HELLA ANAKETI M
Kasrawita Krishna M O
Leolin
Melsa Handasari
WP
MERRY MILIANDINI
MUTIA FEBRIANA
NINI FAZILA
NURFADHILAH
Ovi Riani
Putri Amelia
Putri Marta Liza
RAHMI OKTRIWIDYA
RATIH KARTIKA M
RIRI SUSANTI
ROSA EFNITA
SHILVIA SUCI R.
SYAMSU RAHMAH
UCI TRISNA
WITMA APTRIYANA
YONANDA ALMADYA