} Bakul Manajemen Data Bakul Manajemen Data: Mengolah Konsumsi Gizi Balita Menggunakan Aplikasi Ms.Excel
Loading
gravatar

Mengolah Konsumsi Gizi Balita Menggunakan Aplikasi Ms.Excel

Dari sekian banyak metode penilaian konsumsi, Semi Quantitative Fod Frequency (SQ-FFQ) adalah salah satu metode yang dianggap valid untk menilai Pola atau Kebiasaan Makan. Dengan SQ-FFQ, selain mendapatkan frekuensi konsumsi juga dapat dihitung nilai gizi makanan yang dikonsumsi secara kuantitatif. Walaupun masih bernilai sebagai 'pola' makan, karena dihitung kebiasaan mengkonsumsi dalam sebulan terakhir.
Tidak mudah untuk mengolah data konsumsi. Berikut ini disajikan aplikasi Microsoft Excel untuk membantu mengolah data SQ-FFQ tersebut. Untuk pengolahan ini digunakan DKBM yang diadopsi dari software GiziComp (Abas Basuni Jahari, 2005). Bila Anda belum memiiki file aplikasi Excel ini silahkan download (330 KB). Setelah di download, double click file tersebut, akan terbentuk sebuah file Excel (PPG2011.xls = 1.486 KB).
Isikan data masing-masing sampel secara lengkap. Tersedia juga comment untuk membantu Anda memahami arti masing-masing colom.
Beberapa ketentuan yang harus dipahami dalam menggunakan Aplikasi ini adalah :
Pertama : Bahwa kalkulasi sudah dibuaat menggunakan formula Excel. Untuk menghindari salah hitung akibat pengeditan data, maka beberapa kolom sudah diproteksi. Apabila keluar pesan tidak bisa diedit, itu berarti Anda sudah mencoba mengentri data pada sel yang terproteksi.
Kedua : Apabila selesai mengentri data satu sampel, maka hasil kalkulasi segera dicopy ke baris sesuai nomor sampel yang bersangkutan. Cara pengcopyan baca pada tooltips atau comen pada aplikasi. Selesai mengcopy hasil, segera delete (kosongkan) semua isia pada formulir untuk melanjutkan entri data untuk sampel berikutnya.



Masukkan Email Anda di Sini:

Delivered by top1hit4m

Bidan 1b 2013

BAKULDATA
Agusriani IP
WP
Atikah Mardatillah M.
Dara Tiarani
Desi Atriani
Dewi Safitri
Dina Oktavia
Elkartika Zelita
Elyza rahmana Putri
Fadhila Umaira
Febrisia Ramona 
FENI WIDIASARI
Fitra Nur Aziza
Fuji Flamya
WP
HELLA ANAKETI M
Kasrawita Krishna M O
Leolin
Melsa Handasari
WP
MERRY MILIANDINI
MUTIA FEBRIANA
NINI FAZILA
NURFADHILAH
Ovi Riani
Putri Amelia
Putri Marta Liza
RAHMI OKTRIWIDYA
RATIH KARTIKA M
RIRI SUSANTI
ROSA EFNITA
SHILVIA SUCI R.
SYAMSU RAHMAH
UCI TRISNA
WITMA APTRIYANA
YONANDA ALMADYA