} Bakul Manajemen Data Bakul Manajemen Data: Membuat Link pada Posting Blog
Loading
gravatar

Membuat Link pada Posting Blog

Link atau tautan adalah keterkaitan sebuah kata pada halaman sebuah posting dengan halaman lainnya (file) baik di halaman yang sama atau berbeda di dalam suatu situs atau dengan situs lain di dunia maya.  Blog yang membutuhkan keterangan lanjutan lebih rumit dapat dihubungkan dengan sumbernya di website lain.
Membuat link berarti menjadikan satu kata, apabila diklikk oleh pengunjung maka pengunjung akan dibawa ke halaman lain atau akan mendownload file tertentu yang disediakan oleh Penulis Blog. Link akan sangat memperkaya tulisan oleh karena dapat dibuat tanpa batas. Link juga dapat mempermudah akses ke sumber lain tanpa harus menghaffalkan alamat sumber dimaksud.
Misalkan dalam posting Anda membutuhkan informasi lanjutan yang lebih rinci di situs Kementerian Kesehatan, Anda cukup menyediakan kata Depkes yang dibuat terhubung dengan situs lembaga tersebut taitu www.depkes.go.id. Alamat situs www.depkes.go.id tidak perlu dituliskan secara lengkap di halaman depan, akan tetapi ditautkan dengan sebuah kata yaitu Depkes atau kata lain yang relevan. 
Pada contoh ini kita coba membuat link ke situs contoh ini.
Pertama kali tentunya Anda harus login dulu ke dasbor blog sendiri, lalu edit posting yang akan di-link-kan atau dibuat tautannya (bisa juga posting baru). Setelah berada dalam modus pengeditan posting, pilih kata yang akan dibuat link. Sebelumnya alamat situs sudah disiapkan lebiih dahulu. Kalau link yang akan dibuat ke halaman depan cukup menuliskan alamat sederhana, namun jika ke halaman tertentu biasanya alamatnya cukup panjang sehingga tidak bisa diketik langsung, akan tetapi harus dicopy dari halaman yang sedang terbuka atau diambil dengan cara klik kanan pada link dan pilih Copy Link Location.
Setelah kata terpilih di blok, klik icon link, biasanya berganbar rantai 2 biji batau berupa teks Link. maka akan keluar tampilan sbb (kata yang diblok disini adalah Depkes) :
Setelah kata Depkes diblok dan diklik icon link, muncul seperti gambar di atas, maka otomatis teks yang akan terlihat sebagai link (Text to display) adalah Depkes. Link to (akan dilinkkan ke), ketik alamat situs sumber yaitu www.depkes.go.id. Disini dapat di-paste-kan alamat (URL) yang dicopy sebelumnya dari sebuah alat yang alamatnya cukup panjang. Jangan lupa memberi tanda check (V) pada Open this link in a new Window, agar saat diklik situs sumber akan dibuka pada halaman (Tab) baru (bukan menimpa halaman yang sedang tayang). Terakhir klik OK, maka kata Depkes akan berubah menjadi warna biru underscore. Depkes
Pada contoh ini kata Depkes yang berada di atas gambar sudah langsung berwarna biru karena langsung dikaitkan dengan situs Depkes (www.depkes.go.id) untuk mengambil gambar di bawahnya.
Sebuah teks dalam posting dikatatakan sebuah link ditandai dengan warna yang berbeda (biasanya biru underscore), dan bisa juga warna lain sesuai settingan yang dibuat oleh owner website, namun umumnya adalah biru underscore. Untuk memastikan sebuah kata adalah link dengan melewatkan pointe pada kata tersebut, maka pionter akan berubah seperti tangan menunjuk.
Sebuah link dikatakan break (patah) apabila diklik tidak dapat membuka halaman/file sumber.  Penyebabnya ada beberapa kemungkinan. Pertama karena ada kesalahan damam pengetikan alamat, mencopy alamat sumber tidak lengkap, atau mempastekan alamat menjadi berbeda dengan alamat sumber. Atau penyebab lain bahwa halaman atau file yang dikutip tidak tersedia lagi pada situs sumbernya. Untuk alasan yang terakhir ini biasanya akan muncul error messege dari browser.
Membuat link ke sebuah file prosesnya sama persis dengan membuat link ke halaman. Hanya saja untuk link ke file harus dipersiapkan lebih dulu file sumbernya. Perbedaannya ari sisi Pengunjung adalah jika mengklik link page akan mebuka halaman baru tapi bila mengklik link file akan mendownload file yang disiapkan oleh Penulis blog.
Untuk membuat link ke file, maka Akun Ziddu bisa digunakan untuk menempatkan file-file sumber Anda. Akun Ziddu adalah salah satu situ dari sekian banyak situs yang bisa digunakan menempatkan file-file Anda di Internet. Situs yang berperan menempatkan file sumber untuk dibuat link ke blog/website disebut situs File Hosting. Situs file Hosting yang terkenal adalah Rapidshare(aplikasi), BigTorrent(Games/aplikasi), 4Shared(dokumen), Scribd(presentasi), PhotoBucket(foto), YouTube, (video), dan lain-lain.

Masukkan Email Anda di Sini:

Delivered by top1hit4m

Bidan 1b 2013

BAKULDATA
Agusriani IP
WP
Atikah Mardatillah M.
Dara Tiarani
Desi Atriani
Dewi Safitri
Dina Oktavia
Elkartika Zelita
Elyza rahmana Putri
Fadhila Umaira
Febrisia Ramona 
FENI WIDIASARI
Fitra Nur Aziza
Fuji Flamya
WP
HELLA ANAKETI M
Kasrawita Krishna M O
Leolin
Melsa Handasari
WP
MERRY MILIANDINI
MUTIA FEBRIANA
NINI FAZILA
NURFADHILAH
Ovi Riani
Putri Amelia
Putri Marta Liza
RAHMI OKTRIWIDYA
RATIH KARTIKA M
RIRI SUSANTI
ROSA EFNITA
SHILVIA SUCI R.
SYAMSU RAHMAH
UCI TRISNA
WITMA APTRIYANA
YONANDA ALMADYA