} Bakul Manajemen Data Bakul Manajemen Data: Mengolah data dari Master Tabel Word dengan Anthro 2005 dan SPSS
Loading
gravatar

Mengolah data dari Master Tabel Word dengan Anthro 2005 dan SPSS

Dalam sebuah karya tulis ilmiah sering diminta untuk melampirkan master tabel haslpenelitian. Master tabel yang dibuat degan Microsoft Word tata letaknya bisa dibuat lebihmenarik. Master tabel seperti ini biasanya dibuat oleh peneliti yang mengolah data secara manual.
Pada kasus ini kita akan membahas bagaimana caranya menjadikan master tabel Wordmenjadi sebuah file database yang selanjutnya data tesrsebut bisa diolah degan aplikasikomputer. Diasumsikan di dalam file tersebut terdapat field-field dari parameter antropometri seperti jenis kelamin, umur, berat badan dan tinggi badan. Pada contoh ini disediakan sebuah file hasil penelitian yang di lakukan terhadap anak prasekolah di Jambi (download preserve)

Langkah utama dalam pengerjaannya adalah :
1.  Mempersiapkan file Word untuk dikirim ke file Excel
2.  Meruba file Excel ke file DBF
3.  Mengolah file DBF dengan WHO Anthro 2005
4.  Menyimpan hasil olah Anthro ke file Excel
5.  Membaca file Excel untuk pengolaha lebih lanjut degan SPSS

Langkah 1 : PERSIAPAN FILE WORD
File master tabel di Word diutamakan tambilan, sehingga nama variabel disaikan dalam bentuk label teks. Lanfkah petama sebagai persiapan adalah meruba nama variabel ke nama field yag memenuhi ketentuan, misalnya maksimal 8 karakter, tapa spasi, tapa operasi matematis da tanpa tanda baca. Untuk itu buka Word, sisipkan 1 baris kosong di atas data baris pertaa. Ketikkan nama field yag sesuai untuk masing-masing variabel pada setiap kolom.
Setelah penamaan field dibuat seluruhnya, delete baris nama variabel asli bawaan master tabel. Langkah kedua adalah memeriksa penulisa numeric tag digunakan, misalnya penggunaan tanda batas desimal. Batas desimal yang legal adalah tiik (bukan koma). Gantilah koma dengan titik dengan cara muda degan Word yaitu dega fasilitas Find and Replace (ctrl H). Apabila ingin menggganti nama kategori pada data kategorik, lakukan haal yg sama seperti mengganti tanda desimal. Harap diperhatikan bahwa SPSS lebih failiar mengoperasikan angka ketimbag huruf (karakter). Dalam file contok ini tingkat pendidikan. Jadikan SD mejadi 1, SLTP 2, SLTA 3 da P.Tinggi 4. Setelah semua penyesuaian dilakukan, masuk ke langkah kedua menjadikan tabel menjadi file Excel.

Langkah 2: MENJADIKAN FILE EXCEL
  • Copy tabel word (haya tabelnya saja). Buka Ms.Excel. Paste-kan copyan tabel Word pada sel A1.
  • Lakukan perhitungan umur di Excel menggunakan formula. Umur dalam field asli adalah dalam satua tahun, sementara untuk pengolaha status gizi dibutuhkan umur dalam satuan bulan. Caranya : sisipkan 3 kolom kosong di sebelah kana field umur.
Misalkan field umur dalam tahun adalah pada sel F2, sisipkan 3 kolom kosong di sebelah kanan kolom F sehingga menjadi kolom G, H dan I.
  • Pada sel G2, masukkan formula =F2*12 tekan enter, untuk mengalikan umur dalam tahun menjadi umur dalam bulan. 
  • Letakkan kursor di G2 kembali dan arahkan pointer ke sudut kanan bawah sel G2, kemudian double click untuk mengkopi formula untuk semua sampel.
  • Pada kolom H2 masukkan formula =INT(G2) tekan enter. Formula ini berguna untuk menjadikan umur dalam satuan PENUH, yang dalam bahasa komputer menggunakan fungsi Integer. Kemudian copy formula utk semua sampel dengan cara spt di atas.
  • Agar data bisa dibaca oleh SPSS dengan benar maka sel yang berisi formula harus dijadilan nilai mutlak (angka sebenarnya dan bukan angka hasil formula. Untuk itu ikuti langkah berikut ini :
  • Blok data semua sampel pada kolom H, lalu copy (ctrl-C). Pindak ke sel I2 lalu pilih menu Edit-Paste Special, lalu pilih valua, dan klik OK. Isi kolom I sama persis dengan kolom H namun beda bentuk dimana kolom I adalah angka sebenarnya (bukan formula).
  • Langkah terakhir delete kolom-kolom proses yaitu kolom F, G, dan H.
  • Simpan file Excel, dan tutup Microsoft Excel
 Untuk menjadikan file berformat DBF, buka SPSS lalu Open - Data, pilih type file yang akan dibuka DBF files. Cari ke folder dimana data Excel disimpan,klik OK. Setelah file terbuka Save As data tersebut dengan format type pilihan adalah dBase IV (DBF). Setelah selesai tutup SPSS, dan ikuti langkah ke-3 berikut ini.

langkah 3 : MENGOLAH DATA ANTROPOMETRI

  • Buka Program WHO Anthro PLUS, oleh karena data yang akan diolah adalah status gizi anak prasekolah (5-10 tahun)
  • Pilih menu 3 : Nutritional Survey
  • Pilih pada menu Survey Import from File. dan arahkan ke folder data DBF disimpan
  • Setelah terbuka akan muncul form inisialisasi fiel. Bila menggunakan nama-nama field yang disarankan seperti jenis kelamin (SEX), umur (AGE), berat badan (WEIGHT) dan tinggi badan (HEIGHT), maka akan otomatis field-diled tersebut langsung terbaca oleh Anthro. Namun jika nama fiel selain itu, lakukan pemilihan pada combo box yang ada di sebelah kanan setiap field.
  • Data akan langsung terolah setelah menekan tombol OK.  lanjut ke langka 4
Langkah 4 : MENYIMPAN HASIL OLAH ANTHRO ke EXCEL
  • Klik kotak kosong pada bagian kiri atas tampilan database untuk memblok semua baris (semua sampel sekaligus)
  • Copy database (ctrl C)
  • Buka Microsoft Excel tanpa harus menutup Anthro2005
  • Pastekan pada sel A1
  • Edit isi sel file Excel, terutama baris pertama dengan nama field yang memenuhi ketentuaan penamaan field seperti sudah disebutkan di atas. Hal ini perlu karena judul kolom hasil pengkopian adalah nama variabel seperti umur tertulis AGE (month).
  • Delete kolom-kolom yang datanya tidak tersedia seperti indeks Head circumferen, tricept skinfold dan sub scapulan skinforl.
  • Simpan file Excel, dan tutup Microsoft Excel
Langkah 5 : MENGOLAH KLASIFIKASI STATUS GIZI
  • Buka SPSS danbaca file XLS hasil proses langkah 4
  • Simpan dengan mama baru
  • Klasifikasikan status gizi setiap indeks sesuai klasifikasi SK Menkes No 920/Menkes/SK/VIII/2002. Untuk memudahkan, silahkan download syntax SPSS untuk pengklasifikasian, KLIK DISINI (preserve)
SELAMAT MENCOBA

    Masukkan Email Anda di Sini:

    Delivered by top1hit4m

    Bidan 1b 2013

    BAKULDATA
    Agusriani IP
    WP
    Atikah Mardatillah M.
    Dara Tiarani
    Desi Atriani
    Dewi Safitri
    Dina Oktavia
    Elkartika Zelita
    Elyza rahmana Putri
    Fadhila Umaira
    Febrisia Ramona 
    FENI WIDIASARI
    Fitra Nur Aziza
    Fuji Flamya
    WP
    HELLA ANAKETI M
    Kasrawita Krishna M O
    Leolin
    Melsa Handasari
    WP
    MERRY MILIANDINI
    MUTIA FEBRIANA
    NINI FAZILA
    NURFADHILAH
    Ovi Riani
    Putri Amelia
    Putri Marta Liza
    RAHMI OKTRIWIDYA
    RATIH KARTIKA M
    RIRI SUSANTI
    ROSA EFNITA
    SHILVIA SUCI R.
    SYAMSU RAHMAH
    UCI TRISNA
    WITMA APTRIYANA
    YONANDA ALMADYA