} Bakul Manajemen Data Bakul Manajemen Data: Daftar Komposisi Bahan Makanan (DKBM) untuk Meta Analysis.
Loading
gravatar

Daftar Komposisi Bahan Makanan (DKBM) untuk Meta Analysis.

Daftar Komposisi Bahan Makanan (DKBM) idelanya dimiliki semua negara, oleh karena komposisi gizi di dalam makanan akan berbda antar negara/daerah/regional. Zat gizi yang dikandung makanan tergantung pada varietas, kesuburan, kematangan, prosedur pengujian dan lain-lain. Di Indonesia banyak lembaga yang telah melakukan pengujian, namun tidak satupun yang sudah lengkap baik item makanan yang diuji maupun kelengkapan jenis zat gizi yang diuji. Sebagai contoh Depkes, melalui Penerbit Barata pada tahun 1967 telah mengluarkan DKBM untuk sejumlah lima ratusa bahan makanan dengan komposisi zat gizi makro, beberapa vitamin dan mineral. Dalam DKBM ini belum dicantumkan (karena pada waktu itu belum dilakukan pengujian) tentang Asam Amino, Asam Lemak, itamin dan mineral lainnya.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan transisi demografi penyakit, termasuk masalah gizi menuntut keengkapan analisis zat gizi dalam makanan. Misalkan saja Universitas Indonesia (FK), IPB Bogor dan bahkan Depkes telah merevisi DKBM terbaru, tapi tetap saja belum lengkap dan belum sesuai dengan kebutuhan analisis zat gizi. Sangat dimungkinkan melakukan meta analisis terhadap Fodd Compositin Table (FCT) dari berbagai sumber sehingga DKBM menjadi lengkap. Perlu diingat DKBM hasil meta analisis hanya bisa dipakai jika tidak ada atau belum tersedia komposisi pangan bersangkutan, sementara sangat diperlukan untuk kebutuhan penelitian. USRDA, sebuah lembaga Riset Pangan Amerika telah menerbitkan sebuah Software pencari bahan makanan dan kandungan gizinya, yang sudah barang tentu sampel ditarik dan dianalisis di Amerika. Setidaknya FCT ini bisa dipakai untuk melengkapi DKBM yang sudah ada di Indonesia. Jika Anda tertarik, silahkan download  pcs23 software disini.

Informasi selengkapnya silahkan kunjungi situs resmi USRDA untk mendownload komponen FCT seperti disajikan di bawah ini.

Sementara itu file dengan format ASCII (7.6Mb) - yang ada di dalam SR23 telah diformat untuk dapat digunakana oleh berbagai software dana dapat direlasikan dengan database alinnya relational database management system (RDBMS). Tersedia juga database yang sama dalam format ACCESS (19.1Mb) - untuk Ms.2003 atau lebih tinggi

Abbreviated - This file contains data for all food items, but not all nutrient values--starch, fluoride, betaine, vitamin D2 and D3, added vitamin E, added vitamin B12, alcohol, caffeine, theobromine, phytosterols, individual amino acids, individual fatty acids, or individual sugars are not included.

ASCII (0.8Mb) - delimited file suitable for importing into many programs.

Excel (3.41Mb) - for use with Microsoft Excel, but can also be used by many other spreadsheet programs.

Update Files - Contains updates for those users who have loaded Release 22 into their own computers and wish to do their own updates.

ASCII (0.6Mb) - delimited file suitable for import into many programs

Masukkan Email Anda di Sini:

Delivered by top1hit4m

Bidan 1b 2013

BAKULDATA
Agusriani IP
WP
Atikah Mardatillah M.
Dara Tiarani
Desi Atriani
Dewi Safitri
Dina Oktavia
Elkartika Zelita
Elyza rahmana Putri
Fadhila Umaira
Febrisia Ramona 
FENI WIDIASARI
Fitra Nur Aziza
Fuji Flamya
WP
HELLA ANAKETI M
Kasrawita Krishna M O
Leolin
Melsa Handasari
WP
MERRY MILIANDINI
MUTIA FEBRIANA
NINI FAZILA
NURFADHILAH
Ovi Riani
Putri Amelia
Putri Marta Liza
RAHMI OKTRIWIDYA
RATIH KARTIKA M
RIRI SUSANTI
ROSA EFNITA
SHILVIA SUCI R.
SYAMSU RAHMAH
UCI TRISNA
WITMA APTRIYANA
YONANDA ALMADYA